Cerita Inspirasi Kisah Nyata Alam Yang Menuntut Ilmu


Pada zaman dahulu, ada anak yatim dengan nama Alam. Alam adalah anak yatim, ayahnya meninggalkan dunia sejak dia masih di dalam kandungan. Alam adalah anak yang berbakti kepada ibunya.

Suatu hari alam di suruh ibunya untuk menuntut ilmu di pondok salaf. Dengan senang hati alam pun menuruti apa yang disuruh ibunya. Setelah di pondok alam di serahkan kepada sang Kiyai pondok salaf tersebut.

Singkat cerita setelah di pondok alam belajar bersama dengan santri yang lain. Namun begitu mengherankan alam tidak seperti santri atau murit yang lain. Alam sangat bodoh dan tidak bisa menimba ilmu dengan semestinya. Sampi suatu hari sang Kiyai pun memberi pendidikan khusus kepada si alam. Namun itu pun tak membuat alam menjadi bisa. Lalu sang kiyai pun menyuruh alam untuk menguras kamar mandi dan membersihkan kamar mandi disetiap harinya.

Singkat cerita hingga bertahun tahun alam tak bisa mengaji sidikitpun. Hingga sang kiyai menyuruh alam untuk pulang. Di tengah perjalanan alam terjadilah hujan deras, dimama si alam berteduh di gua. Setelah duduk di gua alam melihat batu ditetesi air hingga berlubang. Melihat kijadian itu alam kembali lagi ke pondok dan menceritakan hal itu kepada sang kiyai.

Lanjut cerita alam pun di ajari lagi untuk mengfalkan surat al-fil. Namun aneh nya hingga usia semakin dewasa alam pun tak kunjung bisa dengan satu suratpun. Hingga usia sang kiyai pun sudah tua dan alampun sudah dewasa.

Suatu hari alam di berinasehat kepada sang kiyai, alam ilmu yang aku berikan kepadamu sudah sepenuhnya aku berikan. Sekarang kamu pulang lah temui ibumu, dan tegakkan agama islam di desa mu. Tanpa membantah alam pun pulang untuk menemui ibunya yang bertahun tahun sudah di tinggalkannya.

Singkat Cerita sesampainya di rumah alam pergi ke masjid untuk menjalankan ibadah sholat berjama'ah sholat mahrib. Masyarakat setempat pada tahu jika alam adalah seorah yang baru pulang dari pondok salaf. Lalu para jama'ah menyuruh alam untuk menjadi imam sholat. Alam menolak untuk menjadi imam lantaran alam tidak menghafal surat pendek satu pun yang dia bisa. Dengan di paksa alam pun bergegas menjadi imam sholat jama'ah. Keajaiban pun terjadi pada alam, alam yg tidak bisa apa apa, dengan keiklasannya dan ketulusan hatinya alam bisa menghafal al quran, dan bisa menjawab semua pertanyaan tentang agama islam.

Berkat keiklasan dan ketaattannya Alam kepada ibu dan Kiyai alam menjadi Kiyai yang terkenal dengan sebutan Kiyai Alamtaro.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu