Sejarah Singkat Mazhab Hanafi Atau Imam Abu Hanifah


Mazhab Hanafi penyusunnya yaitu Imam Abu Hanifah. Beliau di lahirkan pada tahun 80 hijriah dan meninggal dunia di bagdad pada tahun 150 hijriah. Beliau belajar di kufah, dan di sanalah beliau mulai menyusun mazhabnya.  Kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengetahuannya di bagdad. Beliau memberi penerangan di semua lapisan muslimin, sehingga beliau di kenal sebagai seorang alim yang terbesar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqih serta pandai meng istimbat kan hukun ak quran dan hadis.

Menurut riwayat yang dapat di percaya, beliau adalah wadi'ilmu fiqih yang mula mulanya menyusun ilmu fiqh sebagaimana susunan sekarang ini.

Beberapa ukamak telah bergaul dengan abu hanifah, mereka pelajari mazhab beliau dan hukum yang dapat mereka dapat dari beliau itu meraka tulis dan di bukukan. Mereka sebagai mazhab abu hanifah. Kemudian sebagian besar dari mereka kembali menyelidiki dan memerisa hukum hukum tadi dengan memeriksa dalil dalilnya serta di sesuaikan dengan keadaan keadaan kefaedahan dan kemudaratannya, sehingga beberapa di antara mereka ada yang tidak mufakat dengan sebagian hukun hukum yang telah di tetapkan oleh imam tadi, bahkan mereka menetapkan hukumnya dengan pendapat mereka sendiri, berbeda pendapat dengan abu hanifah. Mereka inilah yang dinamakan sahabat sahabat imam abu hanifah, di antaranya yaitu Abu Yusuf, Muhammad Bin Hasan, dan Zufar. Mazhab ini banyak tersiar di bagdad, persi, Bukhara, Mesir, Syam, dan tempat tempat lain.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu