Sejarah Singkat Mazhab Imam Syafi'i


Imam Syafi,i adalah nama nama penyusunnya yaitu muhammad bin idris bin syafi,i keturunan dari bangsa qurais. Beliau imam syafi'i lahirkan di khuzzah tahun 150 hijriah, dan meninggal dunia di mesir tahun 204 hijriah. Sewaktu berumur 7 tahun beliau telah hafal al quran setelah berumur 10 tahun beliau hafal al muwatta, kitab guru beliau imam malik. Setelah beliau imam syafii berumur 20 tahun belia mendapat izin dari gurunya ( muslim bin khalid ) untuk berfatwa. Kata ali bin usman, saya tidak pernah melihat seoranh yang lebih pintar dari pada syafi'i. Sesungguhnya tidak ada seorangpun yang menyamainya di mada itu. Imam syafi'i pintar dalam segala pengetahuan sehingga bila ia melontarkan anak panah dapat di jamin 90% akan mengenai sasarannya.

Ketika berumur hampir 20 tahun belia pergi ke madinah karena mendapat kabar tentang imam malik yang begitu terkenal sebagai seorang ulamak besar dalam ilmu hadis dan fiqih. Disana beliau belajar kepada imam malik. Kemudia beliau imam syafi'i pergi ke irak disak bergaul dengan sahabat imam abu hanifah. Beliau terus ke parsi dan beberapa negara lain kira kira 2 tahun lamanya belia dalam perjalanan ini.

Dalam perjalanan ke negri itu bertambahlah ilmu beliau imam syafi'i tentang keadaan penghidupan tabiat manusia misalnya keadaan menimbulkan perbedaan adat dan aklak sangat berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa peristiwa yang akan ia hadapi. Kemudia belia imam safii di minta oleh kholifah harun arrasyid supaya tetap tinggal di bahdad. Setelah menetap di bahdad disanalah ia menyiarkan agama dan pendapat pendapat beliau diterima disegala lapisan.

Beliau bergaul baik dng rakyat maupun dengan pemerintah bertukar pikitan dengan ulamak ulamak terutama sahabat sahabat imam abu hanifah.- sehingga demgan pergaulan dan pertukaran pikiran itu beliau dapat menyusul pendapat"qadim (pendapat beliau yang pertama). Kemudian belia imam syafi'i kembali ke mekah hingga tahun 198 hijriah. Pada tahun itu pula beliau pergi ke mesir disana beliau imam syafii menyusun pendapat beliau yang baru (qaulul jadid).

Kata kata imam syafi'i yang sangat perlu menjadi perhatian, terutama bagi ulamak yang mendukung dan mengikuti madzhab syafi'i ialah apabila hadis itu sah itulah madzhabku, dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku. Pengikut madzhab syafi'i yang terbanyak ialah di Mesir, Kurdistan, Yaman, Aden, Hadramaut, Mekah, Pakistan, Indonesia.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu