Sejarah Singkat Mazhab Maliki Malik Bin Anas Al-asbahi


Imam Malik di lahirkan pada rahun 93 hijriah dan meninggalkan dunia pada bulan safar tahun 170 hijriah. Imam maliki belajar di madinah dan di sanalah beliau menulis kitab al-muwatta kitab hadist yang terkenal sampai saat ini. Beliau menyusun kitab tersebut atas anjuran khalifah mansur kerika beliau bertemu pada waktu nenunaikan ibadah haji.

Belia menyusun mazhabnya atas empat dasar, kitab suci, sunnah rosul, ijma',dan qias. Hanya dasar yang terakhir ini beliau gunakan dalam hal hal yang terbatas sekali karena beliau imam maliki adalah ahli hadis. Beliau berkata sesungguhnya saya sebagai manusia biasa kadang kadang betul dan kadang kadang salah, maka hendak lah kamu periksa dan kamu selidiki pendapatku pendapatku itu mana yang sesuai dengan sunnah ambillah.

Imam maliki adalah ahli fiqh dan hadist. Pada masanya beliau terbilang berpengaruh diseluruh hijaz. Orang menyebut beliau Sayyid Fuqoha Al-Hijaz atau pemimpin ahli fiqh diseluruh daerah hijaz. Beliau menpunyai banyak sahabat dan murid, di antaranya adalah yang terkenal muhammad bin idris bin syafi'i, al-laisy bin sa'ad, abu isqaq al farazi. Pengikut mazhab ini yang terbanyak terdapat di Tunisa, Tripoli, Magribi, Dan Mesir.


Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu