Tahukah Kamu Apa Fakta Unik Reptil Kura Kura Dan Penyu ?


Kura kura adalah hewan unik dan langka, hewan yang mempunyai cangkang ini mempunyai sisik dan berkaki empat dengan ekor yang pendek termasuk golongan reptil yang langka. Fakta unik tentang hewan kura kura begitu fantastis untuk dibaca dan di teliti. Berikut ini fakta unik yang dimiliki hewan kura kura.

Fakta unik hewan kura kura adalah hewan ini mampu hidup lebih dari 100 tahun. Besa melebihi usia manusia di zaman sekarang. Kura kura bisa hidup di benua manapun kecuali benua antartika karena suhunya sangat dingin.

Tidak hanya itu fakta unik hewan kura kura konon katanya sudah ada dan hidup sejak 200 juta tahun yang lalu. Spesies yang lain juga di kabarkan memiliki penglihatan dan penciuman lebih bagus di bandingkan manusia.

Dengan melindungi diri didalam cangkang, cangkang kura kura ini memiliki kemampuan lebih keras di bandingkan tulang manusia. Dengan 60 tulang utama yang berkaitan satu dengan yang lainnya, bisa sebagai tempat berlindung kura kura dari serangan musuh. Selain itu fungsi cangkang dari kura kura adalah sebagai alat deteksi ketika kura kura di dalam cangkang, bisa membedakan sesama kura kura.

Dengan empat kaki kura kura bisa berjalan dan bisa di fungsikan untuk berenang. Leher kura kura yang pangjang dan hewan ini bisa besar hingga mencapai berat 20-30kg.


Fakta unik yang lain pada kura kura dan penyu adalah reptil ini memiliki pernafasan yang sangat aneh dan unik. Reptil dengan memiliki alat bantu pernafasan yang khusus untuk bernafas. Seban karena tubung yang bercangkang tempurung kerang leluasa untuk menghirup udara kedalam paru paru kura kura dan penyu.

Sudah di temukan fosil kura kura pada zaman purba dan modern, meneliti cara bernafas kura kura dan penyu dengan alat bantu yang sangat unik tidak ada hewan yang menyamai reptil ini. Berdasarkan penelitian, reptil kura kura dan penyu berevolusi dengan teratur secara beriringan.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu