8 Amaliayah Yang Dapat Menghindarkan Diri Dari Pengaruh Jahat Jin, Memahami Jin, Membentengi Diri Dari Jin

Membentengi diri pengaruh jahat jin, dapat di awali dengan upaya melakukan amaliayah amaliayah yang dapat menghindarkan diri dari tindakan tindakan jahat yang di lakukan jin. Beberapa amaliayah tersebut adalah :
  1. Hindarkan diri dari beberapa tindakan yang bisa menyebabkan jin menjadi marah. Upaya ini bisa dilakukan dengan menghindarkan beberapa tindakan sebagai mana berikut : a. Jangan kencing di sembarang tempat, terutama dilubang lubang, di tanaman yg rimbun atau di sebuah bangunan yang lama tidak berpenghuni, sebab di situ di mungkinkah merupakan tempat berdiamnya jin. b. Tidak beristinja' dengan tulang, sebab tulang adalah temasuk makan makluk bamgsa jin. c. Tidak bermain main dengan hal hal yang dekat dengan dunia setan, semisal permainan jailangkung.
  2. Menghindarkan diri dari tempat tempat yang biasa di huni setan dan jin. Makluk halus kebanyakan menempati tempat tempat rusak dan seram. Jin dan setan juga banyak menempati tempat tempat yg kosong yg tidak berpenghuni, seperti padang pasir, gunung, pantai lautan, tempat tempat najis seperti kamar mandi, WC, dan tempat pembuangan sampah. Begitu juga tempat kandang onta, kuburan dan pasar. Mungkin juga termasuk tempatnya jin jaman sekarang adalah di gedung film dan tempat teater karena di tempat tempat seperti itu banyak ikhtilath dan maksiat. Tempat tempat tersebut telah di nyatakan oleh nabi sebagai tempat mangkal nya para jin yang jahat.
  3. Hindarkan diri dari waktu waktu tertentu dimana pada saat itu setan biasanya keluar dari tempatnya, misalnya tangah malam atau pada saat terbenamnya matahari. Berdasarkan hadits yang di riwayatkan dari jabir, di berkata bahwasanya nabi bersabda : janganlah kalian melepas kan hewan dan anak anak kecil pada saat matahari sedang terbenam hingga datang gelap malam.
  4. Menghilangkan gambar gambar dan patung di dalam rumah. Begitu pula dengan anjing dan lonceng ( Abu Huroiroh ) Berkata bahwa rosullulloh bersabda : "malaikat tidak mau masuk rumah yang di dalamnya terdapat patung patung dan gambar gambar". Malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang terdapat gambar dan patung, dan jika malaikat keluar dari rumah maka itu artinya membuka peluang besar bagi masukan setan. Jika sebuah rumah sudah di masukinsetan maka Makluk ini akan lebih leluasa mengoda manusia dengan pengaruh pengaruh jahatnya. 
  5. Selalu membaca doa doa yg di tuntunkan oleh Rosul dalam tindakan tindakan tertentu. Nabi memberikan tuntunan doa, misalnya doa akan makan, sesudah makan, masuk wc, keluar wc, dll. Doa ini di maksud kan agar kita ingat selalu kepada Alloh dan selalu meminta perlindungan dari godaan setan dan jin.
  6. Selalu membaca doa ta'awudz di setiap mengawali aktifitas. Dalam al quran Alloh berfirman :"Dan jika kamu di timpa godaan setan, maka berlindunglah pada Alloh. Sesungguhnya Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui". (QS. AL-A'rof:200). Dan masih banyak lagi ayat lain di dalam al quran.
  7. Dan mengawali setiap akaktifitas dengan basmaallah. Dalam hal ini lebih baik jika bacaan basmallah di gabung dengan ta'awudz. Di riwayatkan dari Abu Malik At tab'i dari seorang sahabat, ia berkata :" Suatu ketika aku di bonceng Rosullulloh, lalu untanya tergelincir, dan aku berkata, " Celakalah setan !" Maka raululloh bersabda:" Janganlah engkau mengatakan celakalah setan, sebab jika engkau mengatakan demikian, maka setan akan semakin membesar hingga bagaikan rumah. Dan ia akan mengatakan, " Dengan kekuatanku, aku telah berhasil menggodanya". Tapi ucapkan lah basamalah. Sesungguhnya bila itu kau ucapkan maka setan semakin mengecil hingga bagaikan lalat. "
  8. Melandasi semua amal dengan rasa ikhlas hanya karena Alloh. Iblis, sebagaimana yang di terangkan dalam Al-Quran pernah berkata dalam sumpahnya bahwa ia akan menggoda dan menyesatkan manusia semua kecuali mereka mereka yg ikhlas, sebab terkadang orang orang yg ikhlas inilah iblis akan bertekuk lutut. Dalam Al Quran dijelaskan sebagai mana berikut : " Iblis berkata : "wahai Tuhanku, oleh karena engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, maka aku pasti akan jadikan kejahatan serasa indah bagi mereka di bumi, dan aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba hamba Mu yang ikhlas".'QS Al Hijr 39-40.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu