Definisi Memori Manusia Dan Pengertian Memori Manusia Lengkap

Apa itu memori manusia ?
Bagaimana Definisi Memori Manusia ?

Para ahli memberikan macam macam definisi tentang memori manusia. Pada umumnya memandang memori sebagai hubungan dengan pengalaman masa lampau. Dengan adanya kemampuan untuk mengingat, manusia mampu menyimpan dan menimbulkan kembali apa yang penah dialaminya. Dalam kamus psikologi ( Chaplir, 1999 ), meori di artikan sebagai :
  1. Fungsi yang lerlibat dalam mengenang atau mengalami lagi pengalaman masa lalu.
  2. Keseluruhan masa lampau yang dapat di ingat kembali.
  3. Satu pengalaman yang khas.
Menurut Kartono 1990, memori atau ingatan adalah kemampuan atau ingatan yang mampu mengecamkan, menyimpan dan memproduksi kembali dan hal hal yang pernah di ketahui. Sedangkan sifat sifat ingatan yang baik adalah setia, cepat, bisa menyimpan lama, luas, dan siap. Walgito 1997, menyatakan bahwa memori adalah kemampuan jiwa untuk memasukan, menyiapkan, dan menimbulkan kembali hal hal yang telah lampau. Morgan dkk 1986, mendifinisikan memori sebagai proses encoding (pengkodean ) storage ( penyimpanan ), dan retrieval ( pemanggilan kembali ) apa yang pernah di pelajari sebelumnya.

Berdasarkan pengertian di atas, memori manusia mempunyai tiga fungsi atau proses, yaitu member kode/sandi, menyimpan, dan menimbulkan kembali. Pada proses pengkodean, input sensori diterima dan di transformasikan kedalam sebuah bentuk, atau kode yang dapat di simpan di memori manusia. Pada proses penyimpanan informasi yang telah diberi kode tersebut diletakkan dalam struktur memori. Pada proses penimbulan kembali, informasi yang telah tersimpan berusaha untuk di akses kembali tatkala dibutuhkan.

Salah satu kelebihan manusia adalah kemampuan menyimpan informasi yang sangat banyak, dalam waktu yang lama dan dapat mengingatnya kembali. Jika komputer dapat menyimpan data yang untuk suatu saat dapat di panggil kembali, maka kemampuan manusia menyimpan informasi data dan bagaimana mudahnya mengingat atau memanggil informasi itu sangat canggih dibandingkan komputer. Jadi apa yang di tangkap oleh indra kemudian di ubah menjadi informasi ( persepsi ) selanjutnya di simpan di dalam memori ( ingatan ). Dengan demikian, memori adalah suatu sistem yang sangat bersruktur yang menyebabkan organisme sanggup meekam fakta tentang dunia dan menggunakannya untuk membimbing.

Dalam mengingat kembali atau memanggil informasi dari memori dapat terjadi dengan beberapa cara, yaitu :
  1. Pengingatan, yaitu proses menghasilkan kembali fakta dan informasi yang telah tersimpan dan memori. Misalnya ketika anda harus menjawab pertanyaan dari sebuah pelajaran.
  2. Pengenalan, Yaitu mengenali kembali apa yang pernah di ketahuinya. Misalnya ketika anda harus menjawab pertanyaan siapakah nama wakil presiden indonesia yang pertama. Bung Hatta atau Adam Malik ?
  3. Belajar lagi, contoh manusia lebih cepat menghafalkan pelajaran yang dulu sudah pernah dhafalkan, dari pada manusia yang baru saja menghafalkannya.
  4. Rekonstruksi kembali, Apa yang pernah di alami dalam kurun waktu yang amat lama berlalu, tergambar kembali secara utuh melalui cendela kecil memori. Misalnya ketika kita masih kecil teringat teman kita yang dulu pernah membantu kita ketika sedah jatuh.
Sedangkan kemampuan dan kapasitaas memori manusia berbeda beda, ada yang bagus, sedang, dan buruk. Ingatan memori manusia di golongkan menjadi dua bagian, yaitu :
  1. Daya ingat memori manusia yang mekanis, artinya ingatan itu hanya untuk kesan kesan yang di peroleh dari pengindraan.
  2. Daya ingat memori manusia yang logis, artinya daya ingat itu hanya untuk tangapan tanggapan yang mengandung pengertian. 
Berikut ini hal hal yang mudah di ingat oleh memori manusia :
  1. Sesuatu hal yang sesuai dengan perasaannya.
  2. Hal hal yang di alami sebaik baiknya.
  3. Hal hal yang menimbulkan minat dn perhatian.
  4. Hal hal yang mengandung arti penting bagi seseorang.
Sekian semoga bermanfaat, artikel tentang Definisi Memori Manusia Dan Pengertian Memori Manusia Lengkap, artikel disusun oleh Siti Qomariyah, Niken Prastika, Sri Puji Astutik. Baca juga kelanjutanya tentang Struktur Memori., 3 Bagian Penting Dan Pengertian Tentang Jenis-Jenis Memori Manusia.

Popular posts from this blog

Tahukan Kamu Kepiting Yuyu Sawah ? Berikut Klasifikasi Yuyu Sawah

Cerita Lucu Kisah Pohon Pisang Dan Pohon Randu